Informasi terbaru Malaysia Tawarkan Sekolah Murah
Padang- Kota Padang adalah satu dari enam Kota Besar yang dilirik Malaysia untuk menjadi tempat dilaksanakannya Malaysia Education Fair 2007 (Pameran Pendidikan Malaysia 2007). Hal ini bertanda baik bagi dunia pendidikan daerah ini.

Pasalnya, perhatian dunia luar mulai tertuju ke Sumbar. Salah satunya Malaysia. Bahkan, Malaysia Education Fair membuka kesempatan beasiswa bagi yang terpilih nantinya.Demikian dikatakan Konsultan Pendidikan di Atase Pendidikan Kedutaan Besar (Kedubes) Malaysia untuk Indonesia, Topan M. Samudera, Jumat (6/7). Dikatakannya, selain Kota Padang yang menjadi pusat pameran untuk wilayah Sumatera Barat, Kota Pekanbaru, Pontianak, Balikpapan, Samarinda dan Medan juga akan menjadi tempat dilaksanakannya Malaysia Education Fair 2007.

”Untuk Kota Padang kita akan melaksanakannya pada tanggal 24 hingga 26 Juli mendatang, sedangkan untuk Kota Pekanbaru pada tanggal 21 hingga 23 Juli,” ujar Topan. Malaysia Education Fair 2007 ini diharapkan menjadi magnet bagi sejumlah siswa SLTA Sumbar, khususnya Kota Padang untuk dapat melanjutkan kuliah ke sejumlah perguruan tinggi negeri dan swasta terkemuka di Malaysia. ”Kita juga pernah mengadakan kegiatan tersebut pada tahun 2005 lalu, hasilnya luar biasa. Ternyata minat masyarakat Sumbar menimba ilmu ke jenjang yang lebih tinggi sangat besar,” pujinya.

Berdasarkan catatan Padang Ekspres, pada tahun 2005 lalu, Malaysia Education Fair juga telah melakukan promosi di Pangeran Beach Hotel. Hampir 1.500 pengunjung memadati Sati Hall di hotel tersebut. Acara yang berlangsung selama dua hari, 20-21 Desember 2005 itu mampu menarik minat sekitar 1.000 orang siswa untuk segera mendaftar langsung di ruang pameran tersebut. Saat itu, sebanyak 14 perguruan tinggi terkemuka di Malaysia dihadirkan dalam pameran tersebut. Terdiri atas enam Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan delapan Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Adapun enam PTN tersebut, antara lain UTM, UITM, UQM, USM, UM dan UPM.

Dari sekian banyak siswa yang ikut mendaftar di PTN, rata-rata mengambil program studi S2 dan S3. Atase Pendidikan Malaysia Darsham Daud yang saat itu hadir mengaku, biaya pendidikan kuliah, khususnya S2 dan S3 di Malaysia sangat murah dibandingkan Indonesia. Hal itu disebabkan sejumlah sarana dan prasarana perkuliahan ditanggung seluruhnya oleh pemerintah. Untuk seorang mahasiswa hanya menghabiskan biaya sekitar Rp 3-4 juta per tahun untuk biaya operasional kuliah.

Sumber : padangekspres.co.id
Tinggalkan komentar anda tentang Malaysia Tawarkan Sekolah Murah

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Posts