Informasi terbaru Bromo Diproyeksikan Jadi Taman Tematik Vulcania
Surabaya - Tahun ini, Gunung Bromo akan diproyeksikan menjadi Taman Tematik Vulcania atau lokasi wisata berbasis gunung seperti Vulcania Park di Propinsi Owen Perancis. "Untuk mewujudkannya, kini dibutuhkan anggaran Rp 200 miliar dengan proses pembangunan selama dua tahun," ujar Wakil Gubernur Jatim, Drs H Saifullah Yusuf saat dikonfirmasi, Kamis (4/3/2010).

Ia mengatakan pembangunan proyek kerja sama Pemerintah RI dengan ILO ini akan diawali di Desa Wringin Anom Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang. Dipilih desa ini karena pemandangannya bagus, potensi alamnya mendukung dan masyarakatnya sudah siap dengan kunjungan wisata. "Sebelum Bromo Vulcania Park mulai dibangun masyarakat sekitar Bromo yang ada di empat kabupaten yakni Malang, Pasuruan, Probolinggo dan Lumajang akan disosialisasi tentang kawasan wisata," kata Gus Ipul sapaan akrabnya.

Wahana wisata yang akan dibangun di area sekitar 50 hektare ini, nanti punya misi pendidikan masyarakat dan anak-anak terkait dengan gunung berapi. Kemasannya, ada penjelasan gunung api secara animasi dan simulatif. Misalnya simulasi gempa, gunung meletus, aliran magma, dan segala hal yang terkait dengan gunung berapi. Pengunjung bisa berpetualang, merasakan, dan belajar segala hal berkaitan dengan gunung api.

Selain itu, melalui Taman Tematik Vulcania ini sangat diharapkannya mampu meningkatkan kunjungan wisatawan asing ke Jawa Timur. Tahun 2009 lalu kunjungan wisatawan mancanegara ke Jawa Timur tujuan Bromo mencapai 160 ribu. Itu hanya yang terpantau dari Bandara Juanda. Kalau Bromo Vulcania Park jadi, diharapkan kunjungan wisatawan mancanegara bisa meningkat sampai 1 juta orang.C5-10

Sumber: http://travel.kompas.com
Tinggalkan komentar anda tentang Bromo Diproyeksikan Jadi Taman Tematik Vulcania

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Posts