Informasi terbaru Museum Batak Koleksi Kuno Peninggalan Suku Batak
TOBA SAMOSIR--MICOM: Museum Batak TB Silalahi Center, di Desa Pagarbatu, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, menyimpan sebanyak 168 jenis benda kuno bersejarah, peninggalan nenek moyang suku Batak.

"Benda tersebut disimpan dan dirawat dalam bangunan seluas 2.900 meter persegi yang merupakan perpaduan unsur arsitek modern dan desain tradisional Batak, sesuai fungsinya untuk melestarikan benda-benda budaya peninggalan sejarah," ujar Ketua TB Silalahi Center, Masrina Silalahi, Senin (11/10) di Balige, Toba Samosir.

Ia mengatakan, sesuai harapan TB Silalahi, museum ini bukan berarti untuk kepentingan pribadinya tapi milik seluruh etnis Batak, yang dapat memperlihatkan sejarah, budaya, dan jadi diri masyarakat Batak.

Untuk itu, Masrina mengimbau, seandainya ada masyarakat yang memiliki benda bernilai sejarah, agar secara bersama menjaga dan merawatnya dengan menyimpannya dalam museum.

Kepemilikannya, tetap atas keluarga yang menyerahkan. Museum hanya merawat dan melestarikannya. "Sebagai etnis keturunan Batak, kita patut merasa bangga memiliki museum ini, "ujarnya.

Makna kehadiran museum, kata Masrina, memiliki latar belakang sejarah atas suatu identitas etnis yang unik, serta perspektif idealisme untuk harapan dan cita-cita yang luhur ke depan, dalam suatu lingkungan masyarakat bangsa yang sangat plural.

Sekarang ini, kata dia lagi, pihaknya sedang melakukan berbagai persiapan, terkait rencana peresmian museum, yang diperkirakan akan dihadiri Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, bulan Desember mendatang.

Masrina menjelaskan, untuk membantu persiapan peresmian, tim dari Direktorat Museum Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata memberikan berbagai petunjuk teknis, sesuai program pemerintah dalam gerakan nasional cinta museum, untuk merevitalisasi seluruh museum di Indonesia.

"Pemerintah pusat memberikan dana stimulan bagi beberapa museum yang dianggap memenuhi kriteria yang ditentukan. Salah satu museum yang menerima bantuan, termasuk museum Batak ini," sebutnya.

Ditambahkannya, hal tersebut sebagai bentuk penghargaan dan wujud kepedulian pemerintah, terhadap upaya yang dilakukan badan atau lembaga non pemerintah dalam pelestarian budaya. (Ant/cs/OL-4)

Sumber : http://www.mediaindonesia.com
Tinggalkan komentar anda tentang Museum Batak Koleksi Kuno Peninggalan Suku Batak

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Posts