Informasi terbaru Museum negeri Sumut siap direvitalisasi
MEDAN - Museum Negeri Sumatera Utara siap direvitalisasi untuk mendukung Gerakan Nasional Cinta Museum 2010-2014 yang salah satu momentum awalnya berupa Tahun Kunjungan Museum 2010.

Direktur Museum Direktorat Jenderal Sejarah dan Purbakala, Intan Mardiana, mengatakan program revitalisasi tersebut merupakan program memvitalkan kembali fasilitas yang sudah ada atau hanya memperbaiki.

"Program tersebut dilakukan di Museum Negeri Sumut karena mereka telah siap dengan perubahan yang nantinya dapat meningkatkan citra museum, meningkatkan kualitas fisik dan pelayanan museum sehingga minat kunjungan masyarakat semakin tinggi," katanya, tadi pagi.

Adapun bentuk revitalisasi yang dilakukan terdiri dari enam aspek, yakni aspek fisik, manajemen, program, pencitraan, kebijakan serta jejaring.

Diakuinya, aspek yang sudah terlaksana adalah aspek fisik yang telah dilakukan pada tahun ini. "Kita telah melakukan pembenahan dalam bentuk fisik yakni perbaikan di sebagian ruangan museum dan ke depannya aspek lainnya akan dilakukan secara bertahap," ujarnya.

Intan menjelaskan, revitalisasi itu bertujuan untuk bisa membangkitkan museum Indonesia bahwa untuk melestarikan budaya bangsa yang beraneka ragam tidaklah mudah, karena dibutuhkan jati diri dan kesadaran dalam diri sendiri.

"Karena kesadaran itu masih sulit didapat, maka pemerintah daerah setempat agar turut membantu program-program museum yang ada, guna meningkatkan kualitasnya," jelasnya.

Selain pembenahan dari segi fisik, katanya, pihak museum sendiri perlu melakukan berbagai macam kegiatan guna menarik minat masyarakat untuk berkunjung, seperti Pameran Islam Dalam Budaya Sumatera yang diikuti delapan museum negeri di Sumatera pada 4 Oktober-4 November 2010.

Melalui pameran bersama ini, warisan budaya Islam seperti arsitektur, aksara dan sastra, karya seni serta mata uang dapat mencerminkan kebudayaan Sumatera dalam perspektif Islam, sehingga masyarakat dapat belajar dari pengalaman di masa lalu yang memberikan makna dan bermanfaat bagi masa kini sekaligus menjembatani masa depan, katanya.

Sementara itu, kepala Museum Negeri Sumut, Sri Hartini, mengakui revitalisasi tersebut cukup membantu meningkatkan kembali citra museum agar pengunjung lebih tertarik untuk datang.

"Pembenahan yang telah dilakukan berupa perbaikan ruangan yang ada di lantai dua, yang dekorasinya dibuat lebih menarik dan beberapa fasilitas alat pendingin ruangan agar pengunjung dapat merasa nyaman," ujarnya.

Sumber : http://www.waspada.co.id
Tinggalkan komentar anda tentang Museum negeri Sumut siap direvitalisasi

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Posts