Informasi terbaru Pelajar Asing Asyik Lukis Topeng Cirebon
Bandung - Sekitar 30 peserta Workshop Lukis Topeng Cirebon terlihat begitu antusias dan asyik melukis topengnya. Sesekali, mereka bertanya lalu memperhatikan arahan dari seniman topeng lukis Cirebon Ade Supriyadi.

Seperti itulah suasana Workshop Lukis Topeng Cirebon Pra Event Pasar Seni ITB 2010 yang dilakukan di Campus Center Barat ITB, Jalan Ganeca, Selasa (28/9/2010).

Dua orang pelajar asing yang sedang sekolah di Bandung yang mengikuti acara ini pun, terlihat sangat tertarik dengan budaya tradisional khas Jabar ini.

"I'm very interesting with traditional culture," ujar Eliza siswa asal USA, yang sedang sekolah di SMA 3 kelas 2, saat ditanya panitia kenapa dirinya mau mengikuti workshop tersebut.

Acara workshop ini diarahkan langsung oleh Ade Supriadi Pemilik Sanggar Kreasi Cipta di Cirebon yang bergerak di bidang pembuatan topeng lukis Cirebon. Dibuka oleh seniman dan juga dosen FSRD Tisna Sanjaya.

Sementara itu, Dilla (16) siswa kelas 2 SMA Taruna Bakti mengaku mengikuti acara tersebut karena tertarik dengan seni lukis. "Saya emang suka melukis. Ini baru pertama kali melukis topeng. Lumayan gampang-gampang susah juga," ujarnya sambil mewarnai topengnya.

Humas Pasar Seni ITB Maharani Mancanagara menuturkan, dibuatnya workshop lukis topeng Cirebon ini adalah untuk melestarikan kesenian dan kebudayaan tradisional yang kini mulai terlupakan.

"Topeng lukis ini adalah bagian dari kesenian Jabar yang mulia terlupakan. Kita angkat lagi untuk kembali mengingatkan, sekaligus mengenang Mimi Rasinah (seniman tari topeng-red)," ujar Maharani.

Topeng yang sudah dilukis hari ini, akan dipakai saat pawai pra event dilakukan pada 1 Oktober mendatang. "Topeng-topeng yang dilukis hari ini akan dipakai saat konvoi yang dimulai dari kampus menuju Taman Cikapayang. Ada yang berjalan kaki, pakai sepeda, dan performing art lainnya. Ini dilakukan untuk menarik masyarakat untuk datang ke acara Pasar Seni ITB 2010. Jadi euforia-nya sudah kita rasakan," tutupnya. (tya/ern)

Sumber : http://bandung.detik.com
Tinggalkan komentar anda tentang Pelajar Asing Asyik Lukis Topeng Cirebon

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Posts