Informasi terbaru IPB Gelar Festival Permainan Tradisional Nusantara
Bogor - Institut Pertanian Bogor akan menggelar Festival Seni dan Permainan Tradisional Nusantara 2010 yang dipusatkan di Kampus Baranangsiang pada Minggu (20/6).

Menurut dosen pembimbing mahasiswa Program Ekowisata Institut Pertanian Bogor (IPB) Dr Ir Ricky Avenzora, MSc.F di Bogor, Jumat, pergelaran Festival Seni dan Permainan Tradisional Nusantara (FSPTN) 2010 itu pada dasarnya berupa kegiatan praktikum terpadu mahasiswa dalam dua mata kuliah pada semester empat.

Ke dua mata kuliah tersebut yaitu Mata Kuliah Ekowisata Budaya dan Mata Kuliah Rekreasi Anak dan Penyandang Cacat.

Rektor IPB Prof Herry Suhardiyanto dan Wali Kota Bogor Diani Budiarto dijadwalkan akan membuka FSPTN 2010, yang akan dimulai dengan pawai peserta dari Lapangan Sempur menuju kampus Baranangsiang.

Ia menjelaskan, kegiatan praktikum terpadu tersebut sudah dilaksanakan sejak lima tahun lalu, yaitu dengan tujuan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menerapkan berbagai pengetahuan dan teori yang telah mereka pelajari selama dalam ruang kuliah.

Selama lima tahun lalu, kata dia, kegiatan praktikum terpadu tersebut dilaksanakan hanya dalam skala kecil, yaitu sejalan dengan adanya urgensi dan kebutuhan untuk menguji-coba kegiatan dan sejalan dengan adanya berbagai keterbatasan secara internal.

"Setelah menerapkan selama lima tahun dan mengevaluasi manfaat kegiatan praktikum terpadu tersebut maka maka mulai tahun 2010 ini kegiatan tersebut akan selalu dilaksanakan dalam skala yang lebih besar dan lebih bermanfaat untuk banyak pihak," kata Ricky Avenzora, doktor lulusan Universitas George August Gottingen Jerman itu.

Melalui kegiatan praktikum terpadu tersebut, kata dia, diharapkan mahasiswa dapat mengekspresikan karya mereka secara nyata dan mendapatkan pengalaman berkarya, yang secara langsung dapat dinikmati serta dinilai oleh masyarakat umum.

Kegiatan tersebut, katanya, juga diharapkan dapat menjadi salah satu tolok ukur bagi IPB tentang kinerja positif mahasiswa yang sedikit banyaknya tentu bisa memberikan citra positif bagi institusi, khususnya bagi Program Ekowisata.

Selain itu, kegiatan tersebut juga diharapkan dan akan selalu diarahkan untuk bisa memperkaya keragaman potensi wisata yang positif bagi Kota Bogor maupun bagi para wisatawan yang ada dan mengunjungi Kota Bogor.

Ia mengatakan, dengan telah diputuskannnya untuk melakukan praktikum terpadu pada skala yang lebih besar dalam berbagai mata kuliah di Program Ekowisata, maka mulai tahun 2010 setiap semester setidaknya akan ada sedikitnya tiga kegiatan praktikum terpadu yang potensial untuk menjadi kegiatan bersama pemangku kepentingan wisata Kota Bogor dalam memajukan pariwisata setempat.

Untuk itu, kerja sama dan dukungan banyak pihak adalah sangat diperlukan dan dibutuhkan oleh para mahasiswa, katanya.

Sementara itu, berdasarkan jadwal yang diterima dari panitia FSPTN 2010 menyebutkan bahwa beberapa seni dan permainan dari berbagai daerah di Nusantara, seperti dari Provinsi Sulawesu Utara, Provinsi Papua, Provinsi Bali, Provinsi Jawa Barat, Sumatra Utara ditampilkan pada acara itu.

Di samping itu, juga dihadirkan penampilan seni penyandang cacat dan wakil-wakil dari sekolah luar biasa (SLB) yang dikelola Dharma Wanita. (A035/R009)

Sumber : http://www.antaranews.com
Tinggalkan komentar anda tentang IPB Gelar Festival Permainan Tradisional Nusantara

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Posts